Terbaru

HAKLI Pandeglang Siap Luncurkan Majalah Bulanan



(ilustrasi: menitik informasi dari sumbernya menuju publik dengan kekuatan jurnalistik)



HAKLI Pandeglang Siap Luncurkan Majalah Bulanan

(Pandeglang, MAJALAH HAKLI)

Sebuah lembaga atau organisasi, di era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi ini, sudah selayaknya memiliki media massa sebagai alat penyampaian serta transformasi eksistensinya kepada publik. Hal ini tentu semakin menderas, bukan lagi suatu prasyarat (dari aspek publisistis) tetapi lebih jauh sebagai sebuah kebutuhan.

Mari kita kilas balik, sejarah peradaban manusia di era kemajemukan ini, betapa sangat dipengaruhi oleh efek dari sebuah propaganda media massa. Media telah membuka mata serta pemikiran selangkah lebih maju dunia barat di era kolonialisme. Hal ini dibuktikan dengan adanya program ekspedisi secara bertahap bangsa-bangsa Eropa ke belahan dunia timur untuk melakukan suatu Litbang (Penelitian dan Pengembangan) tentang kekayaan alam di belahan timur matahari, dimana hal tersebut sangat mempengaruhi peradaban manusia beberapa abad kemudian.

Media, juga telah berhasil menyulut pertikaian antar bangsa. Pecah konplik secara permanen, kala itu, antara negera-negara pendukung Uni Soviet dan Sekutu (Amerika Serikat) yang menyebabkan berbagai peristiwa konfrontasi bersenjata. Api perang serta kekisruhan merambah ke seluruh pelosok bumi, tak terkecuali di nusantara ini.

Media, juga berhasil mengendalikan animo serta asumsi publik terhadap berbagai peristiwa belakangan ini. Propaganda-propaganda yang seringkali menghasilkan banyak peristiwa sejarah serta meletusnya tragedi sosial di berbagai belahan dunia.

Tetapi dari aspek kemaslahatan, media, tidak bisa dipungkiri telah membuka tempurung gelap-gulitanya akses informasi, juga komunikasi. Pengaruh besar media mengubah arah kebijakan suatu negara. Menjadi gelembung wacana publik yang tak henti henti mendapat ulasan sepanjang waktu.

HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan) Kab. Pandeglang sebagai sebuah organisasi profesional, sudah saatnya memaksimalkan potensi ini guna membuat cahayanya bersinar serta dikenal secara luas di masyarakat. Usulan untuk membuat media massa sebagai corong siar Hakli, telah disampaikan oleh salah satu anggota (tidak ingin disebutkan namanya) kepada pengurus Hakli Kab. Pandeglang baru-baru ini di Kantor Dinas Kesehatan Pandeglang. Usulan tersebut juga telah dibicarakan langsung kepada Ketua Hakli Pandeglang, Darmadi, tetapi belum mendapat respon yang serius.

Adapun dari aspek pengelolaan, serta tata keredaksian, media Hakli yang dimaksud tersebut cukup meyakinkan sebab lembaga ini memiliki anggota yang tersebar di seluruh pelosok Kabupaten Pandeglang. Semua itu bisa dikoordinir sebagai titik data juga sebagai nara sumber yang otentik (Redaksi)

Tidak ada komentar